MAZHAB KLASIK & HUMAN RELATIONS

MAZHAB KLASIK muncul pada era setelah revolusi industri,yang artinya tenaga manusia pada saat itu digantikan oleh tenaga mesin.Teori ini menganggap organisasi adalah sebuah mesin.Ada dua alasan kenapa disebut begitu,karena ibaratnya mobil jika mesinnya ada yang rusak maka tidak bisa jalan,seperti itulah organisasi,seluruh strukturnya harus berjalan dengan baik demi kelangsungan hidupnya.

IMPLIKASINYA:-Alur komunikasinya yaitu dari atas ke bawah (dari pemegang kekuasaan tertinggi lalu kebawahnya secara beruntun)

-Media yang digunakan masih media tertulis,seperti buku kerja karyawan,buku aturan dan evaluasi kerja)

-Gaya komunikasinya terkesan formal,seperti sebutan akan jabatan (kepala dekan,kepala biro statistic),dalam komunikasi non verbal pun juga begitu,terlihat dari pakaian formal,dan sikap.

CONTOH IMPLIKASINYA DI ORGANISASI SEKARANG:Walaupun dinilai kolot,nyatanya mazhab klasik masih banyak diterapkan dibanyak organisasi di Negara kita.Sebut saja pemerintahan kita yang masih menganut system birokrat,dimana para pegawai negeri diatur sedemikian rupa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.Selain itu di militer,dan perguruan tinggi juga masih menganut mazhab ini.contoh nya di perguruan tinggi pada saat penerimaan mahasiswa baru diberlakukan aturan prosuderal secara formal.

MAZHAB HUMAN RELATIONS berpendapat bahwa organisasi bukanlah mesin melainkan suatu sistem yang hidup.Karena pekerja harus diberikan motivasi lain selain uang untuk meningkatkan produktifitasnya.Contohnya jika pekerja lebih diperhatikan maka sikapnya akan berubah,begitupun kinerjanya.

IMPLIKASINYA:-Bentuk komunikasi tetap(formal) masih ada,namun mulai tumbuh yang namanya maintenance komunikasi yaitu peningkatan komunikasi.

-Aliran komunikasi vertical masih dipakai,namun banyak tumbuh aliran horizontal,yaitu penyampaian informasi oleh sesama pekerja di satu level.

-Media komunikasinya lebih banyak tatap muka diband9ing tertulis.

-Gaya komunikasinya lebih ke informal,yaitu tidak kaku dan fleksibel.

CONTOH IMPLIKASINYA DI ORGANISASI SEKARANG:Contohny dalam event organizer,perusahaan periklanan,perusahaan tv,radio dan majalah dimana dibentuk tim untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.Di dalam tim tersebut adanya komunikasi secara horizontal dan media komunikasinya banyak bertatap muka.Pekerjaan dibidang organisasi seperti itu terkesan tidak membosankan,karena 1 orang tidak hanya mengerjakan 1 pekerjaan yang monoton.

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *

*
*

%d blogger menyukai ini: